Mahasiswa Program Studi Magister Ekonomi Syariah raih Predikat Terbaik

  • 11 Agustus 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Meski berada di masa pandemi Covid-19, antusiasme mahasiswa untuk mengikuti acara wisuda baik melalui luring (offline) maupun daring (online) terbilang sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan begitu semaraknya kegiatan wisuda yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Alauddin Makassar pada tanggal 11 Agustus 2020 walaupun dengan protokol kesehatan yang ketat. Kesemarakan kegiatan wisuda ini  terlihat dari peserta wisudawan yang memenuhi ruangan hotel dan juga tersorot dari layar besar melalui aplikasi Zoom. Pada prosesi kegiatan wisuda kali ini, Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. Hamdan Juhannis, M.A., Ph.D mewisuda sebanyak 578 mahasiswa yang terdiri dari 124 mahasiswa dari Fakultas Adab dan Humaniora, 135 dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi, 188 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan 131 dari Fakultas Pascasarjana.

Di tengah gegap gempita acara wisuda, ada hal yang sangat mengharukan sekaligus membanggakan khususnya Program Studi Magister Ekonomi Syariah. Hal yang mengharukan adalah ada orang tua dari Kabupaten Bulukumba yang mewakili putrinya diwisuda karena kembali kepangkuan Ilahi sebelum ia sempat memakai toga dan yang membanggakan adalah mahasiswa Program Studi Magister Ekonomi Syariah yang meraih wisudawan terbaik I dan III di antara para wisudawan dari pascasarjana.

Adalah Mukaddis yang merupakan mahasiswa Program Studi Magister Ekonomi Syariah angkatan 2018. Dengan semangat pantang menyerah dan kecerdasan yang dimilikinya, beliau berhasil mempertahankan tesisnya dengan judul “Qardhul Hasan sebagai Skema Penerapan Zakat Produktif dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Umat (Studi pada Dompet Dhuafa Kota Makassar)” dan berhasil menjadi wisudawan tercepat dan mendapat nilai Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 4.00 (Cumlaude). Adapun wisudawan terbaik III diraih oleh Syahruni Syahrul dengan judul tesis “Transaksi Wisata Halal Berbasis Maqashid al-Syariah dalam Membangun Kepercayaan Wisatawan di Kabupaten Tana Toraja” dan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 4.00 Cumlaude.

Keberhasilan Mukaddis dan Syahruni Syahrul meraih predikat terbaik mendapat apresiasi dari Dr. Abdul Wahid Haddade, Lc., M.HI selaku Ketua Program Studi Magister Ekonomi Syariah. Beliau mengatakan “Selaku ketua Program Studi, saya sungguh sangat berbahagia dan berbangga sekali atas raihan prestasi mahasiwa kami. Hal ini menunjukkan bahwa proses belajar dan mengajar (PBM) di Prodi berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan”. Hal senada juga diungkapkan oleh Promotor Mukaddis dan Syahruni Bapak Dr. M. Wahyuddin Abdullah, S.E., M.Si, Akt., bahwa selaku promotor dia turut berbangga karena anak bimbingannya bisa meraih predikat terbaik. Di samping itu, dia berharap bahwa anak bimbingannya ini bisa melanjutkan kuliahnya ke tingkat doktoral dan tidak pernah berhenti berkarya dan mempublish tulisannya di jurnal yang bereputasi baik skala nasional maupun internasional.