Pascasarjana UIN Alauddin Makassar Helat Kuliah Umum bersama Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS)

  • 11 Desember 2019
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Di penghujung tahun 2019 tepatnya hari Rabu 11 Desember 2019, Pascasarjana UIN Alauddin Makassar yang diprakarsai oleh Program Studi Magister Ekonomi Syariah menghelat kegiatan Kuliah Umum tentang Strategi Akselerasi Keuangan Komersial dan Sosial Syariah di ruangan Lecturer Theater (LT) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.  Turut hadir pada acara tersebut Direktur Pascasarjana yaitu Bapak Prof. Dr. H.M. Ghalib, M. M.A, Direktur Inovasi Produk, Pendalaman Pasar, dan Pengembangan Infrastruktur Sistem Keuangan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) Bapak Ronald Rulindo, Ph. D., para dosen pengajar di Pascasarjana dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam serta mahasiswa dari Program Studi Magister Ekonomi Syariah. Kegiatan ini dimoderatori oleh Sekretaris Program Studi Magister Ekonomi Syariah yaitu Dr. Siradjuddin, S.E. M.Si.

Dalam sambutannya, Direktur Pascasarjana menyampaikan high appreciation kepada pihak Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) yang dalam hal ini diwakili oleh Ronald Rulindo atas waktu yang diluangkan untuk mengisi kuliah umum di Pascasarjana UIN Alauddin Makassar. Di samping itu, Direktur Pascasarjana mengungkapkan bahwa kegiatan ini bukan hanya sebagai ajang untuk silaturrahim tetapi juga untuk silatulfikri (menyambung ide dan pemikiran yang lebih konstruktif).

Mengawali paparan materinya, Ronald Rulindo, Ph. D. (Direktur Inovasi Produk, Pendalaman Pasar, dan Pengembangan Infrastruktur Sistem Keuangan) menyampaikan terima kasih kepada pihak Pascasarjana atas sambutan hangatnya. Selanjutnya, beliau memberikan pengenalan mengenai Strategi Akselerasi Keuangan Komersial dan Sosial Syariah dengan mengungkap lebih awal tentang profil Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS), Struktur Manajemen Eksekutif KNKS, Tugas, Fungsi dan Peran KNKS  yang nota benenya banyak dari kalangan muslim sendiri yang belum memahami secara maksimal tentang organisasi KNKS. Pemateri memaparkan bahwa KNKS adalah lembaga strategis negara yang berfungsi sebagai mediator dan katalisator untuk kegiatan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia bagi semua pelaku kepentingan baik skala nasional maupun internasional.

 

Kegiatan Kuliah Umum ini merupakan kegiatan rutin di Program Studi Magister Ekonomi Syariah dan bagian dari penguatan kualitas dalam hal pembekalan wawasan dan khazanah keilmuan yang menjadi bekal para alumni nanti ketika bergumul dengan dunia realita. Di samping itu, kegiatan ini juga merupakan bagian dari sinergitas dengan lembaga terkait yang bergerak dalam ekonomi syariah serta bentuk penguatan dari sisi instrumen akreditasi. Papar Ketua Program Studi Magister Ekonomi Syariah Dr. Abdul Wahid Haddade, M.HI.

 

Di samping itu, kegiatan ini bertujuan untuk: Pertama, meningkatkan pemahaman kepada masyarakat di Indonesia, khususnya kepada para dosen dan mahasiswa mengenai organisasi Komite Nasional Keuangan Syariah. Kedua, merefresh dan memperdalam wawasan ilmu pengetahuan tentang peran dan fungsi lembaga-lembaga yang bergerak dalam pemberdayaan ekonomi umat. Ketiga, menguatkan jejaring kerjasama dengan lembaga ekonomi umat baik lembaga profit maupun non profit. Keempat, meningkatkan probabilitas dan tingkat keterpercayaan mahasiswa dan stake holder akan eksistensi Program Studi Magister Ekonomi Syariah UIN Alauddin Makassar sebagai pelayan jasa pendidikan.

 

AWH