Sosialisasi Pascasarjana S2 dan S3 UIN Alauddin Makassar, Ini Tujuannya.

  • 19 Januari 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi dalam berbagai lini kehidupan, menuntut peningkatan intelektualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan meniscayakan perlunya peningkatan kualitas dan kualifikasi akademik. Keniscayaan ini mendorong Pascasarjana UIN Alauddin Makassar mengadakan sosialisasi di berbagai instansi dan lembaga pendidikan yang ada di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Adapun tujuan dari sosialisasi ini yaitu : 1) Menyebarluaskan informasi kegiatan akademik yang ada di Pascasarjana UIN Alauddin; 2) Menginformasikan tentang penerimaan mahasiswa baru program S2 dan S3 yang dilaksanakan dua kali setahun (Periode Januari dan Periode Juni Tahun 2020); 3) Memperkenalkan beberapa program studi dan peluangnya masing-masing dalam menghadapi tantangan dunia global di beberapa institusi pemerintah maupun non pemerintah (Kementerian Agama, Sekolah Tinggi dan lain-lain); 4) Membangun sinergitas dan memperkuat jejaring (networking) antar lembaga.

Untuk kawasan BOSOWA (Bone, Soppeng, Wajo), kegiatan ini berlangsung selama 3 hari yaitu mulai pada tanggal 16 sd 18 Januari 2020. Di kabupaten Soppeng, kegiatan sosialisai dilaksanakan di dua tempat yang berbeda yaitu di Kantor Kementerian Agama dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Gazali Soppeng. Sementara untuk Kabupaten Wajo dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wajo. Sedangkan di Kabupaten Bone, kegiatan ini berlangsung di Auditorium Institut Agama Islam Negeri Bone.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim yang diketuai oleh Dr. Hj. Indo Santalia, M.A. (Ketua Program Studi Dirasah Islamiyah S2) dengan satu anggota yaitu Dr. H. Abdul Wahid Haddade, Lc., M.HI. (Ketua Program Studi Magister Ekonomi Syariah). Kegiatan ini diikuti oleh Dosen, Guru, Penyuluh Agama, Kepala Madrasah, Kepala KUA, Kepala Seksi di Kemenag Kabupaten dan mahasiswa tingkat akhir. 

Substansi utama dalam kegiatan ini adalah memotivasi masyarakat untuk meningkatkan kapasitas intelektualnya melalui peningkatan kualifikasi akademik di Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.