Dosen Prodi Magister Ekonomi Syariah Jadi Penguji Eksternal di Universitas Trisakti Jakarta

  • 18 Januari 2023
  • 10:26 WITA
  • Administrator
  • Berita

Dosen Program Studi Magister Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Dr. Saiful Muchlis, S.E., M. SA. Ak., CA, CGRM mendapat kehormatan menjadi Penguji Eksternal (External Reviewer) pada kegiatan Sidang Terbuka Promosi Doktor Konsentrasi Akuntasi Universitas Trisakti Jakarta. Selasa, 10 Januari 2023.

Hotbin Hasugian selaku promovendus sekaligus dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) menyampaikan disertasi berjudul: “Pengaruh Green Strategy, Akuntansi Lingkungan terhadap Kinerja Perusahaan; Penerapan Enviromental Management System sebagai Variable Pemoderasi”. Disertasi ini disuvervisi oleh Promotor Prof. Dr. Etty Murwaningsari, Ak, MM. CA dan Co-Promotor : Dr. Yvonne Agustine, S. Ak., MM., CMA

Dalam pemaparan disertasinya, Hotbin Hasibuan menguraikan temuan hasil penelitiannya bahwa strategi hijau, akuntansi lingkungan, dan penerapan sistem manajemen lingkungan berdampak pada kinerja perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta. Di sisi lain, temuan mendasar dari penelitian ini adalah bahwa penerapan Enviromental Management System tidak mampu memperkuat pengaruh akuntansi lingkungan terhadap kinerja perusahaan Badan Usaha Milik Negara dan Swasta. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik dari variabel penelitian bahwa penerapan Enviromental Management System tidak mampu memoderasi akuntansi lingkungan terhadap kinerja perusahaan Badan Usaha Milik Negara dan Swasta.

Selaku External Reviewer (Penguji Eksternal), Dr. Saiful Muchlis mengajukan beberapa pertanyaan yang menghentak teruji atau promovendus di antaranya adalah apakah disertasi ini telah menghasilkan sebuah temuan terbarukan yang bermanfaat dan berdaya guna bagi kelangsungan hidup umat manusia ? Kalau memang ada, apa manfaatnya pada sektor publik dan privat?

Seluruh pertanyaan yang diajukan oleh Tim Penguji dijawab oleh Promevendus dengan apik dan sempurna sehingga dirinya dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan gelar Doktor dalam bidang Akuntansii.

Ujian disertasi itu juga dihadiri oleh beberapa kolega promovendus termasuk di dalamnya  Dr. Yafiz, M.A. (Dekan FEBI UIN Sumatera Utara), Ketua Jurusan Akuntansi, Staf Pengajar UIN Sumatera Utara, keluarga besar promovendus dan beberapa kalangan dari mahasiswa Pascasarjana Universitas Trisakti.

AWH