Teken MoU antara UIN Alauddin dengan BNI Syariah

  • 20 Februari 2019
  • 09:14 WITA
  • Administrator
  • Berita

Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah, melakukan penandatanganan MoU dengan Universitas Islam Negeri UIN Alauddin Makassar, pada Rabu 20 Februari 2018. MoU tersebut terkait pemanfaatan produk-produk bank syariah oleh universitas Islam di Makassar tersebut. MoU itu selanjutnya akan membuka peluang bagi BNI Syariah untuk menyediakan produk dan layanan perbankan berbasis syariah yang bisa dimanfaatkan kampus.

“Kita ajak bank Syariah untuk bisa ikut berkompetisi dengan konvensional di sini. Selama ini kita kerja sama dengan BNI konvensional,” terang Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Musafir Pababbari usai penandatanganan MoU di Gedung Rektorat UIN Alauddin di Kampus 2 Samata. Musafir mengaku, sebagai universitas Islam, pihaknya sedang mendidik mahasiswa untuk Kita ini kan mendidik mahasiswa yang bersifat syar’i. Berinteraksi di bank syariah. Nanti ada prosesnya. “Adapun mengenai produknya, nanti ada pembicaraan yang lebih detail lagi,” kata Musafir.

MoU ditandatangani oleh Prof Musafir bersama Senior Executive Vice President (SEVP) BNI Syariah, Iwan Abdi dan dihadiri oleh Pemimpin BNI Wilayah Makassar, Faizal Arief Setiawan. MoU tersebut juga disaksikan oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama UIN Alauddin Prof Hamdan Juhannis, Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan, Prof. Lomba Sultan, serta beberapa petinggi kampus UIN Alauddin.

Dari pihak BNI Syariah, turut dihadiri Pemimpin Wilayah Timur BNI Syariah Imam Hidayat, Pemimpin Card Business Desk BNI Syariah Endang Rosawati, serta Pemimpin Cabang BNI Syariah Makassar Hidayat Tri Wahyudi.

Layanan SPP hingga Pembiayaan Gedung

SEVP BNI Syariah, Iwan Abdi mengungkapkan, setelah MoU banyak fasilitas BNI Syariah yang bisa dimanfaatkan. “Hampir semua layanan perbankan bisa dilayani BNI Syariah,” terang dia. Layanan tersebut mulai dari pembayaran SPP mahasiswa, gaji  dosen lewat payroll, tabungan kampus, giro, deposito hingga pembiayaan. “Misalnya pembangunan gedung kampus, atau dosen dan pegawai yang butuh pembiayaan rumah tangga, dan lain-lain semuanya bisa memanfaatkan pembiayaan BNI Syariah,” terang Iwan Abdi lagi.

Salurkan Bantuan untuk Beasiswa Hafiz

Selain MoU, BNI Syariah juga menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa beasiswa untuk para hafiz atau penghafal Alquran untuk UIN Alauddin Makassar. Iwan mengungkapkan, UIN Alauddin merupakan kampus Universitas Islam pertama yang dijajaki kerja sama oleh BNI Syariah untuk di Kawasan Timur Indonesia. “Apalagi, UIN Alauddin ini kan sudah terakreditasi A, dan kampus Islam pertama di luar jawa yang dapat akreditasi A,” tambah dia lagi (Sumber:   Hasbi Zainuddin, Terkini.id, Gowa)