Mahasiswi Prodi Magister Ekonomi Syariah UIN Alauddin Makassar Memilih Menjadi Enterpreneur Sambil Kuliah

  • 17 Februari 2023
  • 08:48 WITA
  • Administrator
  • Berita

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali orang yang kini sukses bukan karena faktor gelar sarjana yang didapat dari bangku kuliah atau karir yang didapatkan di kantor, namun karena kemantapan diri sendiri untuk menjadi seorang enterpreneur (pengusaha).

Adalah Andi Fakhriyah Mumtihani, mahasiswi semester IV Prodi Magister Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar lebih memilih untuk menjadi pengusaha sambil kuliah. Alasannya cukup sederhana yaitu minimnya anak muda yang terjun ke dunia usaha padahal dunia usaha atau bisnis sangat menjanjikan kesejahteraan bahkan perbaikan taraf hidup orang banyak.

Meskipun beliau terlahir dari keluarga yang berprofesi sebagai guru, tetapi itu bukan menjadi penghalang baginya untuk menjadi seorang enterpreneur (pengusaha) karena jiwa enterpreneurshipnya sudah berkecambah dan bersemayam dalam dadanya sejak beliau duduk di bangku Sekolah Dasar. “Sejak kecil saya sudah terbiasa menjual es lilin, kelereng dan segala pernak-pernik serta aksesoris anak-anak sama teman-teman sepermainan di kampung halaman”, ujarnya.

Dengan melihat pangsa pasar yang cukup menjanjikan, beliau memilih usaha tape ketan sebagai cor bisnis yang digelutinya. Ada beberapa alasan yang melatari sehingga beliau tertarik memusatkan perhatiannya pada camilan yang satu ini yaitu: Pertama, masih minimnya pengusaha yang bergelut dalam bisnis ini padahal camilan “Tape Ketan” ini masuk dalam kategori makanan pavorit bahkan sering disebut sebagai “Makanan Sejuta Umat” khususnya bagi orang Bugis-Makassar. Kedua, Tape Ketan hanya biasa ditemukan pada hari Raya baik Idul Fitri maupun Idul Adha padahal ada sebagian orang yang doyan makan tape sangat merindukan kehadiran camilan tersebut meskipun bukan pada hari raya. Ketiga, posisi rumahnya yang berdekatan dengan area perbelanjaan dan tak satupun yang menjajalkan makanan camilan seperti tape ketan. Keempat, selain enak, tape ketan juga bermanfaat bagi kesehatan terutama meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan sistem metabolisme dan kekebalan tubuh, baik untuk diabetes serta dapat menyehatkan jantung, Pungkasnya.

Usaha yang digeluti oleh alumni Universitas Negeri Makassar (UNM) sudah merambah ke berbagai pelosok nusantara bahkan sudah banyak pelanggannya yang memesan untuk dijadikan sebagai ole-ole yang akan dibawa ke berbagai daerah di Indonesia seperti Samarinda, Papua, dan Jakarta.

Bagi yang ingin menikmati sensasi “Tape Ketan No. 1 di Bulukumba” ini, silahkan datang ke outlet “DAPUR KAKAK RIA” di Jalan Pinus, Kelurahan Caile, Kecamatan Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba, HP. 085 256 435 042, dijamin rasa dan nikmatnya sampai ke awan. Imbuhnya.

AWH