11 Mahasiswa Ikut Yudisium, Kaprodi: Alumni Harus Menjadi Garda Terdepan dalam Menjawab Problematika Ekonomi Umat

  • 30 November 2022
  • 08:24 WITA
  • Administrator
  • Berita

Program Studi Magister Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar menggelar Yudisium mahasiswa di Ruang Seminar Pascarsarjana UIN Alauddin Makassar, Rabu 30 November 2022.

Sebanyak 11 orang mahasiswa resmi menyandang gelar sarjana Magister Ekonomi (M.E) untuk Periode Wisuda Desember tahun akademik 2022/2023. Dari kesebelas mahasiswa yang di yudisium tersebut, sudah ada yang bekerja di berbagai instansi yang ada di kota Makassar di antaranya ada yang bekerja di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar, Samsat Maros, PT Bank Muamalat Tbk, Komisi Infokom Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan dan selebihnya sebagai enterpreneur muda di berbagai platform bisnis di berbagai kabupaten kota di Sulawesi Selatan

Kegiatan yudisium ini dihadiri Ketua Prodi Ekonomi Syariah Dr. H. Abdul Wahid Haddade, Lc., M.HI dan Sekretaris Prodi Dr. Siradjuddin, S.E., M. Si. Ketua Prodi Ekonomi Syariah dalam pesan-pesan akademiknya mengatakan bahwa seluruh lulusan Program Studi Ekonomi Syariah harus menjadi garda terdepan dalam menyelesaikan problematika ekonomi umat Islam setidaknya bahwa ketika ada permasalahan yang muncul di tengah masyarakat, para alumni harus menjadi bagian dari solusi bukan menjadi bagian dari problem. Di samping itu, alumni harus menjadi role model di tengah-tengah masyarakat dengan cara menghiasi diri dengan sifat al-haya’ (pemalu: matanre siri bukan passiri-siriseng dan bukan juga makurang siri), al-tawadhu (rendah hati) dan menanggalkan seluruh sifat keangkuhan, kesombongan dan kepongahan.

Di sela-sela pesan akademiknya, Ketua Prodi mengharapkan bahwa ada di antara alumni yang melanjutkan studinya ke jenjang S3 karena nilai rata-rata yang diperoleh para mahasiswa berada pada rentang nilai IPK 3,8 dan ini sudah cukup dipakai untuk mendaftar ke jenjang doktoral. Di samping itu, Ketua Prodi juga mengharapkan kepada para yudisium untuk tetap menjaga nama baik almamater yaitu Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar sebagai kampus peradaban

Sebelum kegiatan yudisium ini ditutup, Dr. Siradjuddin, S.E., M.Si menambahkan bahwa para alumni diharapkan untuk tidak berhenti menuntut ilmu. Ilmu yang selama ini didapatkan di pascasarjana mesti diamalkan demi kemaslahatan umat baik di dunia  maupun di akhirat kelak.

Acara ini ditutup dengan memanjatkan doa bersama yang dipimpin langsung oleh Ketuan Prodi.

AWH